Jumat, 02 Juli 2010

Pendapat gue tentang IPA dan IPS

Oke, pembagian rapor udah selesai, meski ada yg belum ngambil rapornya. yang udah ngambil rapor, udah pada tau kan masuk jurusan mana? nah, sekarang gue akan ngomongin penjurusan. Gue alhamdulillah masuk jurusan IPA. tapi kenapa kok banyak anak yang bilang kalo IPS itu jelek? Inilah pendapat gue.....................

Menurut gue, IPS jauh lebih bagus dari IPA. kenapa? karena jangkauan IPS lebih mengglobal dan spesifik. dalam memecahkan masalah sosial pun, si orang sosial harus bersikap netral dan gak pilih kasih yang dilakukan secara teliti dan perlahan2 tapi pasti.

contoh, ada 2 gang nih yang tawuran. wuaaaah, pokoknya pada bacok2an, sambit2an, tonjok2an, sampai colok2an pake sumpit (?). nah, yang dipanggil si orang sosial untuk membicarakan permasalahan yang terjadi itu dari awal permasalahan, titik permasalahan, dan solusinya itu bukan boss dari masing2 gang, tapi ya anak2 buahnya lah. kan anak2 buahnya yang tawuran. begindang. yang tau permasalahan yang terjadi itu adalah si anak2 buahnya.

Kalo IPA, menurut gue lebih fokus ke satu titik permasalahan aja. misal yang gampang2 aja deh contohnya dokter. nah gak semua dokter bisa nyembuhin berbagai macam penyakit kan? pasti ada bagian2nya kayak dokter bedah, dokter kulit, dokter penyakit dalam, dokter gigi. dokter kelamin, dokter jantung, dll. nah mereka2 itu bekerja ya cuma di bidang mereka masing2. tapi tetep, pekerjaan dokter itu sangat mulia kawan2. Yak, itu pendapat singkat dari gue tentang IPS dan gue rasa dunia sebenernya membutuhkan tenaga2 sosial, bukan tenaga2 sains. kalo bisa antara sains dan sosial tuh seimbang.

Kenapa dunia membutuhkan juga tenaga2 sosial? gini, sains memang menakjubkan. hasil2 yang dihasilkan oleh sains banyak yang berguna dan digunakan banyak orang di dunia. dari bidang kedokteran, pertanian, IT, lingkungan hidup, sampai persenjataan. tapi kalian sadar gak, kalo sains juga menyebabkan penderitaan banyak orang? oke, bukan sains yang salah, tapi orang2 yang menyalahgunakan hasil2 karya dari sains tersebut. contoh, peperangan menggunakan teknologi2 canggih dari sains dan digunakan untuk membinasakan suatu wilayah atau suatu negara dan akhirnya menimbulkan banyak korban, traumatik dan akhirnya jadi masalah sosial bukan?



dunia cyber dan internet yang sekarang udah maju banged tapi juga kadang menimbulkan masalah sosial secara gak langsung. misal ada video porno, nah yang nonton video porno itu takutnya malah pengen nyoba sama pasangannya, terus akhirnya jadi pergaulan bebas dan lagi2 jadi masalah sosial. ooooooo tidaaak.

penyakit2 yang berasal dari pencemaran pabrik dan menimbulkan suatu wabah penyakit di suatu daerah juga bisa jadi permasalahan sosial. banjir yang terjadi karena adanya penebangan2 liar yang menggunakan alat2 berat hasil karya sains, bisa menimbulkan masalah sosial bagi si korban banjir seperti penyakit kulit dan perut yang mewabahi suatu daerah.

nah itulah pendapat singkat (kayaknya sih panjang yee gak singkat) dari gue tentang IPA-IPS. dunia ini butuh keduanya, bukan sains aja. di dunia ini harus ada keseimbangan antara rohani, emosional, dan intelektual (IPA-IPS). ingat, yang berlebihan itu gak bagus, oke? oke, see ya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Message Box